The Final Story about the Seventh Hokage (Review untuk cerita Naruto)

Jreng jreng jrengg~

Akhirnya cerita yang udah gue ikutin dari zaman gue masih bocah ingusan selesai jugaa! Mungkin udah pada tau kali ya, komik dan anime paling fenomenal sepanjang sejarah muka bumi (lebay) yaitu Naruto udah selesai pada chapter ke 700. Animenya sih belum, kemungkinan nanti selesai di desember. Cerita Naruto udah dimulai dari tahun 1999, dan sekarang setelah 15 tahun nemenin kita semua, ceritanya berakhir dengan kisah yang amat sangat terlalu membahagiakan.

Sebelum cerita tentang Naruto, gue mau nyimpang dulu dah. Sama seperti kisahnya dia, yang sahabatan sama Sasuke sampe harus berkorban satu tangan kanan cuma buat nyadarin otak sengklak nya Sasuke itu, gue juga nemuin para sahabat sejati gue gara-gara anime Naruto ini. Sahabat gue itu ada dua orang, sebut saja Cundri dan Cika (nama samaran) yang juga penggemar Naruto kelas berat. Gue kenal mereka pas SMA, gara-gara gue ga sengaja bawa komik Naruto ke sekolah trus keliatan sama Cundri dan Cika. Akhirnya ngobrol-ngobrol tentang Naruto, dan bertaut pada persahabatan yang sampe sekarang masih awet. Semoga langgeng sampe akhir hayat, amiinn (emang nikahan?)

NarutoShippuden-naruto-and-naruto-shippuden-18931811-1600-1200

Kembali ke cerita awalnya, Naruto yang kita tahu dulunya adalah seorang anak pembuat onar, berisik, pecicilan, ga peka (khususnya terhadap Hinata), keras kepala, kadang-kadang nyebelin, bego, bodoh, baka, dobe, dan lain sebagainya (yang jelek-jelek semuanya) sekarang malah berubah 180 derajat jadi seorang ayah yang bijaksana dan seorang hokage yang keren ! Eh tambah deh, mungkin dia jadi suami yang baik juga buat istrinya (uhuk uhuk, gue batuk)

Ehh tapi jangan salah, tokoh Naruto ini adalah salah satu tokoh yang bikin gue bertanya-tanya, gimana cara nemuin kata-kata “menyerah” di otaknya dia? Tiap kali ada masalah, ini anak kayaknya gatau kapan dia harus nyerah, atau bahkan dia mungkin ga bakal pernah ketemu sama kata-kata itu di otaknya. Menurut gue, otak dia jauh lebih keren dibanding Albert Einstein (Dilirik Suci, einstein kan kesukaan dia, hiii kabur).

Gimana caranya punya kepribadian teguh dan prinsip yang kuat kayak Naruto ya? Ga punya orang tua sejak dia lahir dan  ada seekor monster yang dengan seenaknya bersarang di perutnya sehingga orang-orang desa jadi ngejauhin dia, tapi dia tetep teguh dan ga putus asa. Masa lalu yang menyakitkan, ditambah lagi dengan umurnya yang masih kecil, gue rasa gue bisa gila kalo jadi dia. Tapi dia punya trik buat ngejalanin itu semua! Liat kan di cerita pertama, si Naruto dobe nyoret-nyoret patung hokage pake cat merah, berusaha narik perhatian orang-orang disekitarnya, termasuk Sandaime. Pas foto mau jadi genin, dia coret-coret juga tuh mukanya pake cat merah, udah kayak badut. Emang ini anak suka bikin masalah, tapi itu semata-mata karena dia kesepian, pengen diperhatiin lah intinya.

Orang pertama yang ngakuin keberadaan dia tuh mungkin menurut si Dobe, adalah Iruka. Tapi kalian pasti pada ngeh lah, Iruka justru orang kedua, karena yang pertama adalah sang pewaris klan pemilik Byakugan dari golongan Souke, yaitu Hyuuga Hinata. Bisa diliat dari flashbacknya mereka berdua, pas Hinata yang masih kecil dibully sama anak-anak berandalan trus Naruto dateng dan ngebantu dia. Naruto ga menang, kalah telak malah. Tapi Hinata bener-bener terkesan sama keberanian anak itu. Sejak itu, Hinata jadi selalu merhatiin Naruto. Jadi menurut kalian siapa orang pertama yang mengakui keberadaan Naruto? HINATA. Setuju? Harus setuju!!

Bisa dibilang Iruka itu adalah pengganti orang tua Naruto. Dia orangnya baik, pengertian banget sama anak bodoh yang satu itu. Padahal orang tua Iruka tewas karena Kyuubi yang bersarang di perutnya Naruto, tapi dia ga peduli sama sekali. Dia tetep nganggap Naruto adalah bagian dari desa Daun. Ah guru yang bener-bener malaikat :3 Coba aja gue punya sensei kayak gitu ya. Iruka selalu ngasih nasehat buat Naruto, pokoknya udah kayak orang tua angkatlah.

Sejak pengakuan Iruka terhadap Naruto itulah, si bodoh Naruto jadi percaya diri. Dia ga ngerasa kesepian lagi di desa Konoha, semangat jiwa mudanya kembali membara (*pake gaya Rock Lee, mata berapi-api, hyaaaaat*). Dia mulai ketemu sama orang-orang yang berharga buat dia. Setelah Iruka, dia ketemu sama si rambut ayam Sasuke, si jidat lebar plus dada rata Sakura, dan hentai Kakashi sebagai temen satu tim di Tim 7. Saat jadi genin, angkatan Naruto ada 12 orang. Ada Hinata, Shino, Kiba, Neji, Tenten, Ino, Shikamaru, Chouji, dan Lee. Mereka di awal tuh kayak musuhan semua, apalagi pas ujian Chuunin. Ketika ujian Chuunin itulah kisah sedih di hari minggu, eh maksudnya kisah sedih mereka satu persatu di reveal sama bang Kishimoto.

Kayak Hinata yang dimusuhin sama Neji  yang lahir dari golongan Bunke. Gara-gara Hinata lemah, ayahnya juga jadi benci sama dia, dan lebih memilih melatih Hanabi, adik Hinata. Begitu juga dengan kisah Gaara yang dijadiin Jinchuuriki ekor satu sama ayahnya sendiri untuk dijadikan senjata negara. Pokoknya tiap pertandingan, kita disuguhin masa lalu petarungnya. Kishimoto ngasih kita beberapa alur dari sudut pandang yang berbeda, sehingga kita bisa ngerasain kalo tokoh jahatnya juga menderita. Ga cuma tokoh baiknya aja yang dijadiin center, gitu loh. Ngerti kagak? Harus ngerti!

Sebenernya banyak klimaks-klimaks yang seru di cerita Naruto, tapi gue ga bisa sebutin satu-satu karena udah ga terlalu inget. Saking banyaknya tuh pasti ada aja yang kececeran. Yang paling bisa diinget tuh yaa kisah Naruto yang ngerubah orang lain sama kisah cintanya. Gue lupa siapa yang ngomong, tapi dia bilang Naruto itu punya kekuatan yang ga dimilikin orang lain, yaitu kekuatan buat ngerubah orang. Dari orang yang keras kepalanya batu banget, bisa jadi orang yang baik lemah lembut gemulai. Resepnya apa ya mas Naruto?

Setelah kita ngikutin ceritanya sejak beberapa tahun yang lalu, kita pasti juga ngerasain gimana perubahan karakter dari tokoh utamanya. Waktu dia pulang lagi setelah dilatih sama Jiraiya, si Dobe makin dewasa dikit. Ga cuma fisik aja yang tambah gede, tapi sikap kekanakannya udah berkurang sedikit, yaa walaupun masih pecicilan dan berisik. Begitu pula dengan temen-temennya yang lain, mereka berubah jadi lebih dewasa dan bijaksana. Bahkan Shikamaru dan Neji udah jadi jounin. Ninja elit kayak mereka emang bisa diandalkan lah kalo soal strategi dalam misi. Sakura aja bisa nguasain teknik medis yang diajarin sama Tsunade, sama kayak Naruto dan Sasuke yang diajarin jurus-jurus baru dari Jiraiya dan Orochimaru. Pokoknya banyak banget perubahan yang terjadi setelah tiga tahun itu.

Gue bingung harus fokus kemana sekarang, tapi dipikiran gue yang muncul adalah tentang kisah cintanya Naruto sama Hinata.

1459098_813902552004475_7777360568233276144_n

Ini adalah penggalan gambar dari trailer movie Naruto yang mau tayang 6 desember nanti di Jepang. Kata Mbah Kishimoto, movie ini adalah movie pertamanya yang bertemakan ‘cinta’ (uhuk uhuk, garuk-garuk idung).

Tau siapa yang ada di atas? Tau? Hah, kagak tau? Lu kagak tau itu cewe paling lembut yang pernah ada di dunia per-anime-an? Oke sip. Kita end!

Hyuuga Hinata, sang pewaris atau heiress dari klan Hyuuga telah terlalu banyak menderita sejak dia kecil. Mulai dari penganiayaan dan sikap merendahkan dari sepupunya sendiri, lalu ketidak pedulian ayahnya terhadap dirinya, membuatnya jadi kunoichi yang kehilangan percaya diri dan penakut. Sifatnya yang suka damai dan terlalu baik sering dijadikan alasan oleh Neji sebagai kelemahannya sebagai seorang ninja. Kelemahan? Kadang gue heran sama orang jenius kayak Neji, sifat baik begitu dibilang kelemahan? Minta digetok nih orang! Singkatnya, ini cewe udah menderita banget dah dari dia kecil. Sama aja kayak Naruto yang ga punya siapa-siapa semenjak dia lahir dan dikucilkan di desa. Intinya sih, mereka senasib lah. Tau ga? Katanya kalo kita banyak persamaan dengan lawan jenis, berarti kita jodoh! Makanya disini, Naruto jodohnya pasti sama Hinata. Ya kaga? Hah? Abaikan. Ga penting.

Lalu kenapa dia bisa suka sama si Baka Dobe Naruto itu? Ya kalo dikehidupan nyata sih gue pribadi malah ilfeel sama cowo kayak Naruto, haha. Kayaknya gue sependapat sama Sakura soal Naruto kalo di kehidupan nyata. Tapi Hinata ini beda. Dia ga pernah ngeliat sikap BAKA Naruto itu sebagai kekurangan dia, Hinata jauh lebih tertarik dengan sikap pantang menyerahnya Naruto buat dapetin gelar Hokage. Gara-gara semangat dia yang membara itu, Hinata juga jadi kebakar dah. Ya kayak jadi inspirasi lah buat hidup dia, dan akhirnya gadis cantik kita ini pun makin lama makin kuat karena terus disemangatin sama semangat Naruto. Apasih, belibet.

Cerita cinta mereka tetep aja ga semulus yang kita harapkan (kita= naruhina lover). Soalnya Mbah kishimoto ini suka banget ngaduk-ngaduk emosi pembaca kayak kita. Kadang dia bikin Naruto itu dekeeet banget sama Sakura, udah terikat banget lah kayaknya perasaan suka Naruto ke Sakura, sampe-sampe kita dibikin frustasi karena di php-in mbah Kishimoto buat bikin Naruhina jadi real couple. Tapi disaat yang lain, dia malah bikin Naruto makin intens sama Hinata dengan ngasih adegan pegangan tangan atau ‘tampar menampar’ itu. Emosi kita berhasil di kocok-kocok sampai kita pusing sendiri dengan kisah kasih mereka. Apalagi gue yang udah jadi Naruhina Lover sejak gue mengenal Naruto.

Hinata udah suka sama Naruto dari kecil banget, pas masih di akademi. Dia selalu ngeliatin Naruto dari jauh, ngintip-ngintip dari belakang pintu, tiba-tiba pingsan pas Naruto ngedeketin dia. Duh, so sweet banget ya. Sayang sih, Naruto terlalu bodoh dan idiot untuk menyadari perasaan Hinata. Dia malah sibuk ngejar-ngejar Sakura yang jelas-jelas sukanya sama Sasuke teme. Cinta segiempat ini benar-benar membunuhku (Loh kok gue?)

 Cinta Hinata tetep bertepuk sebelah tangan sampe mereka udah 16 tahun. Naruto baru tau Hinata punya perasaan sama dia itu waktu invasi Pain dengan akatsuki ke Konoha. Disitu Hinata bela-belain ngebantu Naruto yang udah ketusuk sama tongkat-tongkat hitam disekujur tubuhnya, padahal Naruto udah ngelarang siapapun dateng ke sana. Saat itu, Hinata langsung nyatain cinta nya ke Naruto. Lagi-lagi kita harus bersabar, karena Naruto ga ngejawab sama sekali. Dia cuma cengok doang. BODooh! Dasar cowo ga peka! Idiot! Shannarooo! Hahaha.

Setelah adegan pernyataan cinta yang bertepuk sebelah tangan itu, kita ga disuguhin lagi adegan mereka yang lebih intens buat beberapa dekade. Justru kebanyakan adegan Narusaku disana. Kalo dipikir-pikir, Naruto sama Sakura itu deketnya udah kayak kakak adek ya? Sakura kakaknya, Naruto adeknya. Gitu menurut pikiran gue. Menurut lo?

Nah, perang shinobi yang melibatkan obito dan Madara sebagai dalang bangkitnya Juubi memberikan kita sedikit adegan bagus antara hinata dan naruto. Coba liat :

narutohinata_zps1052225a

Waktu Neji mati ketusuk juubi, Naruto langsung frustasi. Dia kehilangan akal sehatnya, sedih, nyesel, nyesek, mungkin udah nyampur jadi satu waktu itu. Dia udah berkoar-koar ke lawannya kalo dia ga bakal ngebiarin temen-temennya mati, tapi tetep aja dia ga bisa mencegah tewasnya Neji yang berusaha melindungi dia dan Hinata. Lalu Naruto bisa apa? Dia cuma bisa diam, diam, lalu diam lagi. Hampir aja dia terpengaruh sama kata-kata jahat Obito, tapi tamparan Hinata lebih dari cukup buat nyadarin cowo ini. Sang hime dari klan Hyuuga ini nyeramahin Naruto abis-abisan (lebay), biar Naruto bisa sadar dari rasa berkecamuk di hati dan kepalanya (aziieeee). Tiba-tiba Naruto megang tangan Hinata, bilang makasih sama dia karena udah nemenin dia selama ini, trus ngalirin chakra kyuubinya deh ke Hinata. Yap, adegan yang romantis sekali. Disini gue langsung teriak histeris. Bravooooo!

Cerita naruto akan end di chapter 700, sementara chapter 699 masih nyeritain gimana Naruto dan Sasuke baikan setelah berantem sekian tahun. Ternyata mbah Kishimoto ngasih kesimpulan yang menurut gue agak tergesa-gesa di chapter terakhir. Namun, tetep aja gue suka sama endingnya. Kenapa? Karena semua pairing yang gue prediksiin bakal jadi ternyata emang jadi semuanya, kecuali Neji sama Tenten karena Neji udah ke alam baka duluan. Sasuke sama Sakura nikah, ngehasilin anak perempuan yang (sepertinya) pendiam, jenius, berkacamata, mirip Sasuke dah pokoknya. Ino sama Sai juga nikah, anaknya perempuan juga tapi lebih tomboy. Rambutnya mirip Ino, tapi pakaiannya mirip Sai. Shikamaru nikah sama Temari, punya anak yang persis sama dengan Shikamaru. Ada lagi Chouji yang nikah sama cewe yang ga dijelasin siapa, udah punya anak juga sih katanya. Rock Lee punya anak cowo yang suka latihan dan punya rambut mangkok mirip dia. Kiba lagi sibuk ngegodain cewe cantik dari Konoha, dan Shino jadi pengajar di Akademi.

Bagaimana dengan pasangan akbar yang selalu kita agung-agungkan?

Lihat saja hasilnya percampuran mereka dibawah :

uzumaki

Kyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa! Gue excited banget liat gambar ini.

Gue rasa anak mereka itu kembar deh, tapi kembar beda jenis kelamin. Mereka seumuran kayaknya. Yang cowo mirip banget sama Naruto, namanya Bolt (Boruto kalo dibaca dengan logat jepang) dan yang cewe mirip sama Hinata (rambutnya doang), namanya Himawari. Sepertinya daya reproduksi mereka berdua bagus nih. Haha.

Akhirnya Uzumaki Family terbentuk dengan happily ever after. Naruto berhasil mendapatkan mimipinya sebagai Hokage ke 7, setelah Kakashi mengundurkan diri sebagai Hokage ke 6. Hinata juga berhasil ngeraih mimpinya untuk terus berjalan berdampingan dengan Naruto sampai kapanpun dengan cara jadi istrinya sang Hokage. Gue suka ide Mbah Kishimoto yang ngasih mereka dua anak sekaligus. Kenapa? Karena dua anak mereka itu berbeda banget sifatnya. Bolt yang nakal dan jahil, mirip banget sama ayahnya. Himawari yang baik dan lembut, anteeeng aje, mirip sama ibunya. Jadi mbah kita ga perlu repot-repot mikirin gimana cara ngebagi sifat mereka berdua pada satu anak aja.

Yah, yang penting endingnya sesuai dengan yang diharapkan. Fix berarti ya, Naruhina memang terwujud. Seperti yang gue bilang di atas, mbah kishimoto kayaknya terlalu tergesa-gesa untuk menyimpulkan akhir dari cerita naruto. Karena itulah, dia ngeluarin movie Naruto yang judulnya The Last, buat ngejelasin ke kita (mungkin) gimana ceritanya Naruto sama Hinata itu bisa bersatu (bahasa gue -_-). Soalnya dia bilang ini adalah movie bertemakan cinta dia yang pertama. Banyak adegan Naruhina di trailernya. Semoga aja emang begitu, biar gue bisa teriak sepuasnya gara-gara excited, couple gue beneran jadi.

Sayangnya sih kalo rilis di jepangnya nanti december 6th, kemungkinan ada di Indonesia baru setahun setelahnya. Lama amat ya. Gue keburu jenggotan dah nunggunya kalo begitu. Tapi ga apa-apa kok kalo emang ceritanya bisa memuaskan gue. Hehe.

OKe deh, sekian dari gue. Ini cuma sekedar curhatan hati setelah beberapa ngikutin Naruto dan akhirnya selesai dengan ending yang gue harapkan. Gue hanya terlalu senang saat ini. Hehe

Jaa!

Iklan

30 pemikiran pada “The Final Story about the Seventh Hokage (Review untuk cerita Naruto)

  1. Senpai nge review nya keren. Bahasa nya enak dibaca. Pokoknya bagus lah artikel diatas. Top top top. Asik aku bacanya .. 🙂

    Aku juga naruto lover n naruhina lover lho (gak nanya -_-) ha ..

  2. di awal episode naruto kecil saya kira cinta monyet atw apalah naruto bakal diterima sakura.dan saya harap sakura jadi suka sm naruto sya pun dukung narusaku.tp ada hinata yg perhatian bgt sm naruto mereka lucu.dan moment mereka kayak ada sesuatu yg di rencanakan oleh mk sensei.krn flashback nya naruto waktu kecil ma hinata.jadi naruhina deh…ternyata beneran naruto ma hinata

    • Dari awal MK sensei emang udah memutuskan kalo Sakura itu bakalan sama Sasuke, dan Naruto sama Hinata. Katanya sih sengaja bikin Sakura jadi cewe yg disukain Naruto di awal, buat bikin cerita lebih complicated aja sih. Hehe

  3. senang bisa baca karya seseorang yg juga suka dengan naruto. Apalagi dia juga setuju dengan ending NaruHina. Aku kagum lihat karyamu, dan aku ingin melihat kelanjutan fanfic NaruHina yg baru berjalan sampai chapter 3. Agak dipercepat ya chapter 4 nya, hihihihihi. SALAM KENAL 🙂

  4. Reviewnya bagus, runtut dan jelas. Tapi ada sedikit kesalahan sih dalam penjelasan isinya. Tenten, neji, lee itu bukan tmen genin seangkatan naruto, hinata, shikamaru. Mereka setahun lebih awal tp ikut ujian chuninnya yg barengan.
    Buat tambahan: istrinya chouji itu karui dari kirigakure, yang ngejelasin tentang kekuatan naruto yg bisa narik dan ngrubah orang itu nenek chiyo dari suna.

  5. Keren nih review nya , ya gini kalo penggemar sejati naruto pasti runtut banget ngejelasinnya , manga yang udah melalang lintang buana cetar membahana episod nya ini #plakditamparmbasyahrini akhirnya berakhir di 2014 awalnya sih sedih dengernya tapi ya mau gmn lagi ceritanya emang udah end , semua misteri2 udh keungkap #tukulkaliah naruto udh baikan sama sasuke si keras kepala , ah pokonya udh harus end lah gtu , coz kalo diperpanjang lagi ntar malah ngawur ceritanya #kyatukanghjnaikbuburitulho hahahhah ampun! intinya ane seneng banget sma ni anime dr jaman nya sd dlu nonton sma sodara yg notabennya laki2 #belibetih ampe skrng udh SMA yg nonton sndri deh tak ada yg menemani #curcoldkit menurut ane bang kishimoto ni pinter bngt bkin2 tokohnya apalagi penempatan naruto sbg peran utama dan sasuke sbg rivalnya peran utama #sinetronkaliiah so why? karena bang kishimoto bsa buktiin bahwa peran utama ni ga mesti ganteng,cakep,kasep mulu #smaajada keren,cool,jenius,disukai bnyk orang tapi justru dy itu nyeritain gmna proses si naruto ini jadi seperti itu , dan dy jga nempatin rival sekaligus temen si naruto ini berbalik beda bngt sma si naruto , sbnrnya bingung sih nempatin narusuke ini sbg apa tean ato rival tapi hubungan mereka itu emang unik banget bang kishimoto peenah bilang klo mereka itu dy buat kya sprektum #tauga?klogataucari taucepet! yg meKipun mereka itu berbeda tapi tapi ujungnya sama , jdi bang kishi ini kalo bkin perubahan ex:jurbar alias jurus baru sma si naruto pasti dy jga ngelakuin hal yang sama ke si sasuke-kun pokonya kisah mereka itu selalu sama kaya sama2 ga punya ortu sma2 kehilangan org yg dicintainya itachi ma jiraiya dll masih bnyk dah bukti2nya yg bkin ane nyeawk tuh kisah cinta mereka ber3 sasuke sakura naruto dan akhirnay naruto yg ngalah dan nemuin cintanya ama hinata,cinta saauke ma sakura itu lebih banyak menyedihkannya ya kalo kata ane cinta mereka tuh sejati banget ampe nunggu bertahun2 mereka ga ktmu2 dan akhirnya bsa bersatu sungguh cinta yg luar biasa . maap ya ane comment sebanyak ini abisnya gini nih kalo ketemu sma sesama navers ,sekian dlu deh wassalam! 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s